Posted by : Meiske Prasetya Ningrum Senin, 13 Mei 2013


Kematangan alat reproduksi perempuan ditandai oleh terjadinya haid pertama yang disebut menarche.
Ada pula yang menyebut bahwa remaja perempusan itu sudah akil baliq biasanya dimulai sekitar umur 8-12 tahun. Seorang wnaita bila sudah emngalami menarche berarti tubuh sudah mengahsilkan sel telur  yang akan dikeluarkan setiap bulanya dan dapat dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh tubuh laki-laki. Dengan demikian bila terjadi hubungan seksual, walaupun hanya sekali, memungkinkan terjadinya kehamilan. Yang harus diketahui para remaja bahwa kehamilan juga dapat terjadi tanpa masuknya penis laki-laki kedalam vagina perempuan misalnya dengan berpacaran secara berlebihan, sehingga sperma laki-laki yang biasanya menyemprot keluar berhasil amsuk ekdalam vagina perempuan  sehingga berakibat kehamilan.


Bagaimana bila terjadi kehamilan ?
Seorang wanita remaja  walaupun sudah memiliki tanda-tanda bahwa alat reproduksinya sudah mulai berfungsi namun belum sepenuhnya akan berdampak baik bila terjadi kehamilan. Karena usia muda dibawah 18 tahun apabila terjadi kehamilan menjadi factor resiko berbagai masalah kehamilan . Apalagi bila terjadi diluar ikatan pernikahan selain dampak social seperti dikucilkan, putus sekolah dan lain sebagainya , juga akan berdampak pada psikologis  yang tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan wanita itu sendiri juga anak yang dikandungnya dan kehilangan banyak kesempatan untuk membangun kebahagian orangtua, juga untuk masa depanya yang cerah.

Oleh karenya?
Sebaiknya masa remaja digunakan sebagai pemanfaatan waktu untuk sebaik-baiknya mengukir prestasi dan mempersiapkan  pribadi yang hendak tumbuh menjadi dewasa, karena ada masanya untuk memulai ketimbang kita menyesali dan kehilangan kesempatan di waktu remaja. Horazz remaja Indonesia, Remaja sehat berprestasi dan berkualitas.



Gapailah mimpimu setinggi langit, lakukan yang terbaik dari sekarang karena besok harus lebih baik"


Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © THe Daily Walker -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -