Posted by : Meiske Prasetya Ningrum Selasa, 09 April 2013



A.  Kemampuan Gerak Kasar
*    
     Mengangkat Kepala
Letakan bayi pada posisitelungkup. Gerakan sebuah mainan berwarna cerah atau buat suara-suara gembira di depan bayi sehingga Ia akan belajar mengangakat kepalanya.  Secara berangsur-angsur ia akan menggunakan kedua lenanya untuk mengangkat kepala dan dadanya.
*         Berguling-guling
Letakan mainan berwarna cerah di dekat bayi agar ia dapat melihat dan tertarik terhadap mainanya tersebut. Kemudian pindahkan mainan tersebut ke sisi lain dengan perlahan. Awalnya bayi perlu dibantu dengan cara menyilangkn paha bayi agar badanya ikut bergerak miring sehingga memudahkan bayi berguling. Ketika ia berguling, senyum dan tunjukan rasa kasih sayang. Jaga agar bayi tidak jatuh dari tempat tidur, meja atau dari ketinggian lainya
*         Menahan Kepala tetap tegak
Gendong bayi dalam posisi dalam posisi tegak agar ia dapat belajar menahan kepalanya tetap tegak.

B.   Kemampuan Gerak Halus
*      Melihat, meraik dan menendang mainan gantungan
Ikat sebuah tali menyilangdiatas tempat tidur bayi. Gantungkan pada tali tersebut benda atau mainan berputar atau berbunyi, berwarna cerah. Bayi akan tertarik dan melihat,   menendang atau menggapai mainan tersebut. Pastikan benda tersebut tidak bisa dimasukan ke mulut bayi dan tali tidak akan terlepas dari ikatanya.
*      Memperhatikan benda bergerak
Bayi senang memperhatikan wajah seseorang, gambar, benda atau mainan menarik berwarna cerah. Dekatkan wajah anda, gambar, mainan menarik ke wajah bayi agar ia melihat dan memperhatikanya.
Perlahan-lahan gerkan wajah anda atau benda-benda itu ke sisi kanan dan kiri sehingga bayi ikut memperhatikanya.
*      Melihat benda-benda kecil
Pangku bayi didekat sebuah meja, keudian jatuhkan sebuah benda kecil (misalnya kacang)  dari atas meja tepat didepan bayi anda. Anda juga  dapat memutar benda itu di atas meja dan melihat apakah bayi anda memperhatikanya.
*      Memegang benda
Letakan benda atau mainan kecil yang berbunyi atau berwarna cerah di tangan bayi atau sentuhkan benda tersebut pada punggung jari-jarinya. Amati cara ia memegang benda tersebut. Hal ini berhubungan dengan suatu gerak reflek. Semakin bertambah umur bayi, ia akan semakin mampu memegang benda-benda kecil dengan ujung jarinya (menjimpit). Jaga agar benda tersebut tidak melukai bayi atau tertelan.
*      Meraba dan merasakan bentuk permukaan
Ajak bayi meraba dan merasakan berbagai bentuk permukaan seperti mainan bindatng, mainan plastic, kain-kain perca, karet dan sebagainya. Bayi anda mungkin memasukan benda-benda itu ke mulutnya, maka pastikan bahwa benda-benda itu tidak terlalu kecil atau mudah disobek dan ditelan.

Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © THe Daily Walker -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -